Piala Dunia 1934

Piala Dunia FIFA 1934 adalah Piala Dunia FIFA kedua yang dilangsungkan di Italia dari 27 Mei hingga 10 Juni. Italia dipilih sebagai tuan rumah oleh FIFA pada bulan Oktober 1932. Ini adalah Piala Dunia pertama di mana tim finalis harus melalui kualifikasi untuk bermain di putaran final. Sebanyak 32 negara mengikuti kualifikasi, dan setelah kualifikasi, 16 tim berhak maju ke putaran final. Italia menjadi juara pertama setelah mengalahkan Cekoslowakia di final dengan skor 2–1.

Italia begitu bernafsu untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 1934 hingga FIFA berkongres sampai 8 kali sebelum menyetujui keinginan Italia untuk menjadi tuan rumah. Italia bahkan rela bila negara itu harus menanggung kerugian penyelenggaraannya, asalkan diizinkan menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut. Berkat dukungan Mussolini, panitia penyelenggara tidak perlu menanggung kesulitan finansial.

Argentina tidak menurunkan timnya secara lengkap karena mereka takut bahwa pemain-pemainnya akan dibajak oleh klub-klub terkemuka Italia. Sebelum Kejuaraan Dunia 1930 Raimundo Orsi, pemain sayap kiri Argentina, dipikat oleh Juventus hingga ia pindah dan bermain untuk negara tersebut sebelum final tahun itu. Pada Kejuaraan Dunia 1934, Orsi ikut mengantarkan Italia merebut gelar juara dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Piala Dunia 1958

MU juara liga champions (lagi)

Bambang Pamungkas 2