Piala Dunia 1930

Piala Dunia FIFA yang pertama diselenggarakan pada tahun 1930. Kejuaraan ini diselenggarakan di Uruguay, juara Olimpiade saat itu. Uruguay menjadi juara pertama, mengalahkan Argentina di final dengan hasil 4-2.

Piala Dunia ini adalah satu-satunya yang tanpa babak kualifikasi; keikut sertaan hanya melalui undangan. Sangat sedikit tim Eropa yang mengikutinya karena susahnya perjalanan menyeberangi Samudra Atlantik; dua bulan sebelum kompetisi dimulai tidak ada satu negara pun di Eropa yang mau turut serta. Hanya berkat campur tangan dari presiden Fédération Internationale de Football Association saat itu, Jules Rimet barulah empat tim bergabung: Belgia, Perancis, Rumania, and Yugoslavia.

Tiga belas tim peserta dibagi kepada empat grup, dan pertandingan pertama dilaksanakan pada 13 Juli di mana Perancis mengalahkan Meksiko 4-1. Gol pertama diciptakan oleh Lucien Laurent, sedangkan hattrick pertama diciptakan pemain AS, Bert Patenaude. Empat pemenang grup, Argentina, Yugoslavia, Uruguay, dan AS, melaju ke babak semifinal.

Di semifinal kedua pertandingan sama-sama berakhir 6-1, Argentina mengalahkan AS dan Uruguay mengalahkan Yugoslavia. Tidak ada perebutan tempat ketiga.

Final Piala Dunia pertama berlangsung di Stadion Centenario, Montevideo, pada 30 Juli yang berakhir 4-2 untuk kemenangan Uruguay atas Argentina.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Piala Dunia 1958

MU juara liga champions (lagi)

Bambang Pamungkas 2