India Siap Gebrak Dunia Sepakbola

Selama ini India terkenal sebagai negara penggila olahraga cricket. Tapi, tak lama lagi sepakbola akan menjadi olahraga terpopuler di negeri itu.

Pasalnya konsorsium bisnis India, Bharti Enterprises, sudah menyatakan komitmennya untuk mewujudkan impian tersebut. Mereka telah membuat deal dengan All India Football Federation (AIFF).

Chairman Bharti Enterprises, Sunil Bharti Mittal, sudah menandatangani memorandum of understanding (MOU) dengan legislator and chief AIFF, Priya Ranjan Dasmunsi, Jumat (4/1/2008) atau Sabtu (5/1/2008) WIB.

Dalam kesepakatan tersebut, AIFF dan Bharti akan bekerjasama membuat program sepakbola nasional. Mereka akan membangun sebuah akademi kelas dunia.

"Di India sepakbola memiliki sejarah hebat. Akademi sepakbola akan membangun pemain-pemain muda berbakat yang akan menghentak dunia," ungkap Dasmunsi sebagaimana dikutip Associated Press.

Menurut Mittal, agar akademi itu bisa berkembang pesat dan bermutu, mereka akan bekerjasama dengan klub-klub besar Eropa seperti Manchester United.

"Sepakbola adalah olahraga paling populer di dunia. Sepakbola juga bisa mempersatukan dunia. Visi kami adalah membuat sepakbola populer dan membangun budaya olahraga di India," tegas Mittal.

Saat ini India berada di urutan 143 daftar peringkat sepakbola dunia. Nama kapten timnas, Bhaichung Bhutia, cukup terkenal karena dia pernah bermain untuk klub Inggris, Bury Football Club, yang berlaga di League Two.

Penulis: okezone

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Piala Dunia 1958

MU juara liga champions (lagi)

Bambang Pamungkas 2